Tuesday, February 03, 2009

Ke Malaysia lagi Bag 1

Belasan tahun ga ke Malaysia akhirnya aku ke Malaysia lagi. Seingatku, aku ke sana saat aku kecil. Tentu banyak perubahan di sana.

Sampai ke LCCT, airport khusus airasia di KL, aku dan papa langsung ketemu dgn adikku, acan, yg udah nungguin lama. Lucunya dia pake acara nunjukin nama papa buat nyari kami. Katanya di suruh supir dr UMP (Universiti Malaysia Pahang). Berhub udah ada supir yg jemput papa kami pun meluncur ke Gambang, Pahang, tempat kampus UMP. Hal pertama, yg ada di kepala saat di Malaysia itu adalah saat makan, wah ayamnya gede banget, bikin aku yg sekedar liat dah langsung kenyang. Acan yg dah 2 tahun tinggal bilangnya emang di sini ayamnya gede2. Sampai di kampus UMP kami diantar ke rumah tamu (apartemen), papa bakalan ada di sana selama 1 bulan, ampe dapet rumah dr UMP. Bertiga kami keliling kampus UMP. Menurut aku kampusnya biasa aja, bersih, teratur. Bedanya dgn kampus Indonesia paling banyak kotak2, mulai dari yg untuk beli air minum pake koin, ampe beli pulsa. Besok paginya kami ke Kuantan, ibukota negeri Pahang, sekedar liat2 aja, samalah kayak Palembang. Bedanya di Kuantan minim bus, semua orang pake mobil. Kata acan, yg paling miskin aja di sini bisa beli mobil kancil. Pantesan motor ga laku di sini pikirku. Tempat wisata di wilayah Pahang itu ada taman negara, teluk cempedak, menurut aku biasa aja. Nah, yg paling terkenal itu Genting, tapi lebih deket dari KL.

Berdua, aku dan acan, dari Kuantan menuju KL memakai bus, memakan waktu 3-4jam. Selama jalan2 di KL, tas kami titip di loker terminal puduraya. Lumayan murah, sekali nitip RM 2/tas, dr jam 8-23. Tak beda dgn turis bule, selama perjalanan kami pun selalu membawa peta. Maklum acan lum hapal jalur train dan monerel. Kami ke KLCT, KL tower, twin tower, Petronas, Bukit Bintang, Plaza rakyat dll, pokoke keliling2. KL sama kyk jakarta padet. Klo ke KL itu menurut aku cukup ke KLtower, disana itu udah kayak liat seluruh KL. Mana di KLtower ada byk game dan fasilitas utk wisata, mulai dari animasi formula F1, seru beneran kyk naek F1 krn ada kyk mobil beneran yg bisa kita naekin dan trakny bisa kita lihat di layar yg ada dihadapan kita, deket dgn setir, jadi serasa balapan beneran. Trus bisa observasi KL dari menaranya pake teleskop yg udah disediain. Ada juga snow world, tapi sayangnya tipuan, adanya aku malah ke panasan di sana. Ada jg yg lain. Sayangnya semua ga gratis. Enak beli tiket paket, jadi bila nyoba semua permainan di sana plus dapet botol minuman berbentuk KL tower.

Untuk masuk twin tower kita perlu ambil tiket gratis di basementnya. Tapi harus pagi banget sebelum jam 7 udah harus di sana untuk antri klo ga aku jamin ga bakalan dapet ditiketnya. Padahal sehari itu disebar 1600 tiket. Tamannya TT juga bagus dan menarik. Sisanya itu kami jalan2 ke mall dan pusat perbelanjaan yg aku ga hapal. Sebenarnya kmi juga berusaha mencari t4 wisata the eye of KL, tp ga ketemu, nanya org jg ga tau. Selama di KL, kami itu cuma belanja di Petaling street, maklum duit terbatas, di sana bisa belanja murah banget klo bisa nawar. Aku dan acan dapet dompet harga RM2, pdhal biasanya paling murah RM 10.Ya Allah, dompet harga Rp6000, murah banget. Pasar di Petaling itu buka dari jam 9 ampe 11 malem doang, karena paginya t4 jualan itu digunain sebagai jalan.

Berhub pas kami di KL tepat dgn hari public holiday, tepaksa kami bayar kamar hotel lebih mahal dari hari biasa. Hotel di malay memang pasang harga beda untuk hari biasa, akhir pekan, dan public holiday. Di sekitar Puduraya itu banyak pilihan hotel yg bisa disesuaikan dgn kantong kita.

No comments: