Saturday, June 13, 2009

Vaksin BCG kalah oleh Flu Babi

Telah sebulan lebih aku kerja di puskesmas tetapi vaksin BCG belum ada juga stoknya. Ternyata emang telah 3-4 bulan ini stoknya kosong. Kabarnya emang dari pusatnya kosong. Akhirnya, ketika ada bayi yang mau vaksin terpaksa ditolak karena vaksinnya habis. Yah, kalau beruntung tetep bisa vaksin dgn sisa stok dulu. Hm..aneh banget, ketika flu babi mewabah dgn begitu sigapnya depkes, pemerintah melakukan pencegahan dan adanya stok tamiflu dkk. Ini sungguh berbeda dg vaksin BCG. Padahal jelas-jelas Indonesia masih endemik TB. Peringkat Indonesia aja masuk juara tiga sebagai negara dengan jumlah penderita TB terbanyak, 228 kasus per 100.000 penduduk/tahun. 300 orang Indonesia meninggal setiap harinya karena TB. Sampai saat ini belum ada penduduk Indonesia yg mati karena flu babi.

Semoga dalam waktu dekat vaksin BCG segera ada stoknya lagi. Semoga pemerintah segera sigap mengatasi masalah ini. Masak vaksin BCG kalah oleh Flu babi.

1 comment:

Anonymous said...

Ini, ada artikel bagus di blog "Cantik Selamanya", "Catatan Tentang Flu Babi - Yang Perlu Kita Tahu".

Artikelnya bagus, lengkap, dan original dari Cantik Selamanya. Bikin kita ngerti sejarah, potensi bahaya, lengkap sama saran dari para ahli.

Semua isinya pakai referensi. Pakai riset yang lumayan dalam, lah....