Sunday, April 05, 2009

Cara buat Surat Rekomendasi IDI utk SIP [thanx maul:) udah nolongin]

Salah satu syarat untuk membuat Surat Izin Praktek (SIP) adalah surat rekomendasi dari IDI yang isinya tidak pernah malpraktek dan layak buat mendapatkan SIP. Kacaunya aku itu kerja dari pagi ampe sore dan ga punya waktu buat kabur ke IDI. Alhamdulillah aku punya temen si Maul yang baik banget. Dia mau menolong buat ngurusin surat rekomendasi aku, sekalian pas dia buat juga. Maul itu temenku dari SMA, pernah juga satu kosan dgn aku pas kuliah. Jadi, aku dah kenal lama. Thanx alot ul! :)

Soal menolong ada cerita favoritku tentang salah seorang menantu Rasulullah, Ali bin Abi Thalib ra. Suatu hari terlihat Ali bin Abi Thalib sedang menangis, jadi bertanyalah seorang sahabat Nabi yg melihat beliau menangis, Mengapa kau menangis Ali?. Ali pun menjawab dengan tersedunya, "Aku menangis karena aku belum menolong seorangpun hari ini". Tersentaklah sahabat yang bertanya tadi. "Bagaimana Allah SWT kelak di hari akhir akan menolongku kalau aku tidak menolong hambaNya", lanjut Ali. Pertama kali mendengar kisah ini aku cuma bengong. Aku ga pernah terpikir atau merasa sedih jika belum menolong orang dalam satu hari. Apa selama ini aku terlalu pelit. Apa jangan2 Allah jg akan pelit buat menolongku klo aku tidak pernah menolong orang sekali saja dalam sehari. Banyak sekali pertanyaan yang telintas di kepalaku saat itu.

Membantu, menolong, meringankan orang bukan pekerjaan mudah. Karena terkadang niat kita tidak ikhlas. Berharap suatu saat orang itu/orang lain akan menolong kita juga jika kita kesusahan. Yah..suatu pengharapan rendah.. Pernahkah kita berharap yang lebih tinggi dari itu seperti yang Ali lakukan? Pengharapan bahwa Allah SWT lah yang akan jadi penolong.. Hanya hati kecil kita sendiri yang bisa menjawab pertanyaan itu dgn jujur...

Oya, balik lagi ke judul. Hal-hal yang perlu kita siapkan untuk mengurus surat rekomendasi IDI adalah:
- Datanglah ke kantor IDI setempat. Untuk alumni FK Unsri bisa menemui Pak Edi di TU FK Madang atau bisa temui ayuk di Komed RSMH, bilang aja mo buat surat rekomendasi IDI. Aku dan Maul merekomendasikan langsung aja ke Pak Edi biar dak ribet. CP Pak Edi 810549, telp pas malam b.
- Syaratnya:
1. Isi formulir
2. Fotocopy KTP
3. Fotocopy Ijazah Dokter
4. Fotocopy Sumpah Dokter
5. Foto 3x4 sebanyak 4 lembar
- Untuk dapat surat rekomendasi itu mau ga mau harus jadi anggota IDI dulu. So tepaksa bayar uang bikin kartu IDI (Rp 30.000,-) dan iuran anggota IDI, terserah mau bayar sebulan dulu atau sekalian satu tahun, biayannya bisa ampe ratusan ribu.

Syarat-syarat penerbitan SIP klik di sini

No comments: